Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Puasa

Amunizer - Ada kalanya saat berpuasa seseorang menjadi malas untuk melakukan aktivitas olahraga. Padahal nih olahraga masih bisa loh kamu lakukan meskipun kamu sedang melakukan ibadah puasa.

 

Tapi kan kalau olahraga bakal capek gimana dong? Eits tenang aja karena dalam artikel ini akan memberikan informasi kepada kamu mengenai jenis olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan saat berpuasa dan minim menimbulkan rasa capek. Penasaran olahraga jenis apa saja? Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini!

 

Yoga

Yoga adalah salah satu pilihan olahraga terbaik saat kamu sedang melakukan ibadah puasa. Yoga termasuk dalam olahraga ringan yang tidak memerlukan effort lebih sehingga tidak mudah membuat tubuh merasa capek.

 

Beruntungnya lagi apabila kamu rutin melakukan yoga maka kamu bisa menekan munculnya rasa stres. Kemudian juga bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh serta memperlancar aliran oksigen pada otak sehingga membuat pikiran kamu lebih jernih dan fresh.

 

Kamu bisa melakukan yoga seminggu tiga kali atau bisa juga kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Lakukan olahraga yoga saat pagi hari ataupun sore hari selama kurang lebih 30 menit.

 

Jalan Cepat

Meski terlihat sepele ternyata melakukan olahraga berupa jalan cepat bisa menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa loh. Kamu bisa melakukan olahraga ini selama kurang lebih 30 menit bersama keluarga atau teman kerja kamu secara rutin setiap harinya.

 

untuk menghindari dehidrasi pada tubuh disarankan untuk melakukan olahraga jalan cepat saat sore hari menjelang berbuka puasa.

 

Jogging

Jika pada penjelasan sebelumnya telah sebutkan jika jalan cepat bisa menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa, selanjutnya juga ada jenis olahraga sejenis yaitu jogging.

 

Bedanya adalah apabila jalan cepat dilakukan menjelang berbuka puasa, jogging dilakukan setelah kamu melakukan sahur. Kamu bisa melakukan jogging selama 20 menit sampai 30 menit di pagi hari.

 

Melakukan jogging di pagi hari akan meminimalisir terjadinya kelelahan pada tubuh. Meski demikian kamu tetap harus memperhatikan intensitas jogging ringan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

 

Naik Turun Tangga

Rekomendasi olahraga ringan saat puasa yang selanjutnya yaitu olahraga naik turun tangga. Olahraga ini meski terlihat simpel ternyata mampu membakar sebanyak 176 kalori loh. Hanya saja kamu perlu memperhatikan lama waktu olahraga naik turun tangga agar tubuh tidak mengalami kelelahan dan tetap prima.

 

Bowling

Saat berpuasa sebagian besar orang pasti akan merasa malas untuk beraktivitas terlebih untuk melakukan rutinitas olahraga. Oleh karena itu, ada jenis olahraga yang disertai dengan permainan yang dapat membuat seseorang lebih bersemangat dalam berolahraga.

 

Salah satu jenis olahraga sekaligus permainan adalah olahraga bowling. kamu bisa melakukan olahraga bowling sembari menunggu waktu berbuka puasa. Saat melakukan permainan bowling tetap perhatikan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

 

Lima jenis olahraga yang telah dikemukakan di atas bisa kamu lakukan di rumah selama menjalani ibadah puasa. Supaya bisa konsisten melakukan olahraga maka tanamkan pikiran positif dan buang jauh-jauh rasa malas untuk olahraga. Yuk semangat berolahraga guys!