Tips Menjalankan Diet Saat Puasa Ramadan

Amunizer - Bagi sebagian orang puasa ramadhan adalah saat yang tepat untuk meluruskan niat melakukan diet. Saat berpuasa seseorang cenderung bisa menahan nafsu makan mereka, berbeda ketika kamu tidak berpuasa pasti akan lapar mata jika melihat makanan bukan hehehe

 

Namun ternyata, tanpa ilmu dan konsep yang tepat melakukan diet saat bulan puasa justru malah bisa menambah berat badan. Loh kok bisa? Bukannya saat puasa seseorang sedikit makan? lalu kenapa tetap bertambah berat badan?

 

Penasaran dengan jawabannya?  Lalu bagaimana tips menjalankan diet yang tepat dan berhasil ketika puasa Ramadan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

Tidak berlebihan mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa

Salah satu alasan kenapa diet kamu gagal saat berpuasa adalah kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka. Memang berbuka dengan makanan manis sangat nikmat dan lezat.

 

Namun, apabila kamu ingin diet kamu berhasil saat menjalankan puasa hindari mengkonsumsi makanan manis saat berbuka. Hal ini disebabkan makanan manis tidak bisa menekan rasa lapar sehingga membuat seseorang ingin terus mengkonsumsi makanan atau minuman manis tersebut.

 

Akibatnya berat badan kamu akan naik secara signifikan. Oleh karena itu, konsumsi makanan manis secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan harian tubuh.

 

Hindari mengkonsumsi makanan olahan

Tips kedua agar diet kamu berjalan lancar adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan olahan selama berpuasa. Meskipun makanan olahan atau junk food ini sangat menggoda kamu harus bisa menahan nafsu kamu untuk mengkonsumsi makanan olahan.

 

Sebaliknya kamu bisa membuat sendiri menu makanan berbuka dan sahur. Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan santan dan olah makanan dengan cara dikukus, dipanggang, direbus maupun ditumis.

 

Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa

Kebanyakan orang akan gila makan saat waktu berbuka tiba. Berbuka puasa dijadikan ajang “balas dendam” setelah seharian menahan lapar bagi sebagian orang.

 

Kegiatan demikian sangat salah loh guys bagi kamu yang sedang menjalankan program diet saat puasa. Ketika kamu sedang diet hindari untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka. Apalagi jika makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak gula ataupun lemak jenuh sudah bisa dipastikan diet kamu akan gagal.

 

Tidak mau bukan dia kamu jadi gagal dan sia-sia? Jika tidak ingin diet gagal konsumsi makanan secukupnya saja tidak kurang dan tidak lebih sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh.

 

Tetap mengkonsumsi air putih sesuai dengan anjuran

Saat tubuh sedang dalam masa diet terlebih saat kamu menjalankan ibadah puasa pastikan asupan air putih tetap tercukupi. Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Saat berpuasa kamu bisa menggunakan rumus konsumsi air putih seperti dua gelas saat sahur, 4 gelas setelah berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur.

 

Bahkan, dalam sebuah penelitian dikatakan apabila mengkonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. Metabolisme tubuh yang tetap terjaga inilah yang nantinya dapat memperlancar proses pembakaran kalori dan lemak pada tubuh.

 

Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga selama menjalankan puasa dan juga diet, jangan lupa minum Amunizer. Minuman suplemen kesehatan yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan Vitamin C, zinc dan juga Elderberry yang dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.