Olahraga yang Cocok untuk Masa Penyembuhan Setelah Sakit

Amunizer - Olahraga yang Cocok untuk Masa Penyembuhan Setelah Sakit apa saja ? Meningkatkan aktivitas fisik dengan mulai membakar lemak sejatinya memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

 

Namun hal itu tentunya berbeda kondisinya dengan tubuh yang baru saja sembuh dari sakit. Sebab meskipun sudah merasa lebih baik akan tetapi tubuh masih dalam kondisi yang lemah.

 

Seseorang yang baru dalam masa penyembuhan memang sudah bisa memulai olah raga kembali. Namun sudah pasti jenis olah raga yang dipilih bisa berbeda dengan orang yang kondisinya sehat 100 persen.

 

Nah, buat anda yang sedang bingung memilih jenis olahraga apa yang cocok untuk masa penyembuhan maka bisa simak beberapa rekomendasi berikut ini.

 

Olahraga yang Cocok untuk Masa Penyembuhan Setelah Sakit

 

1. Jalan santai

 

Memang terdengar sangat ringan sekali untuk anda yang sehat. Namun bagi orang yang sedang mengalami penyembuhan bisa menjadi langkah awal yang baik untuk kembali melakukan aktivitas fisik.

 

Jalan santai merupakan olahraga ringan yang bisa anda pilih saat sedang mengalami proses penyembuhan. Dengan mulai berjalan dan menggerakkan kedua kaki anda secara konsisten maka setidaknya sudah ada lemak yang mulai terbakar.

 

Bahkan untuk beberapa kasus dengan melakukan jalan santai saja juga sudah bisa mengeluarkan keringat di sekitar tubuh.

 

Untuk anda yang memiliki fisik lebih kuat bisa menambah kecepatan berjalan yang berarti sedang melakukan jalan cepat. Hal ini tentunya juga merupakan suatu olah raga yang bisa membuat kalori terbakar lebih banyak dari pada hanya berdiam diri saja.

 

2. Senam pagi

 

Dengan alunan musik yang bisa memberikan semangat, senam pagi bisa menjadi alternatif pilihan terbaik selain melakukan jalan santai.

 

Anda bebas memilih lagu yang anda suka asalkan bisa cocok untuk melakukan senam pagi. Atau jika tidak ingin senam sendiri anda bisa ikut ke sebuah klub senam agar sembari berolah raga juga bisa kembali bersosialisasi.

 

Senam pagi merupakan jenis olahraga yang mempunyai gerakan dengan cukup banyak variasi. Mulai dari gerakan ringan hingga berat.

 

Untuk anda yang baru saja sembuh atau dalam masa pemulihan maka sangat disarankan untuk memilih gerakan yang ringan-ringan saja agar tubuh tidak terlalu kelelahan.

 

3. Melakukan pemanasan pelenturan

 

Ini adalah sebuah olah raga yang juga bisa mengeluarkan keringat. Melakukan pemanasan pelenturan tidak butuh ruang yang cukup luas, sehingga sangat cocok sekali untuk anda yang masih terbaring di kasur atau kamar.

 

Anda dapat memulai gerakan kecil seperti menarik kedua tangan dan kemudian melenturkan kedua kaki. Pemanasan pelenturan ini bisa membuat otot-otot menjadi lentur kembali yang juga bisa membakar cukup banyak lemak.

 

Atau jika tidak anda juga bisa memilih jenis olah raga yoga yang kurang lebih hampir sama dengan melakukan pemanasan pelenturan.

 

Disclaimer

 

Berhubung pembahasan kali ini adalah pembahasan umum yang tidak menyebutkan jenis penyakitnya apa secara spesifik maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

 

Seseorang yang sedang dalam mengalami masa penyembuhan umumnya bisa mengalami riwayat penyakit yang berbeda dan kecepatan pemulihan yang berbeda juga.

 

Maka dari itu beberapa rekomendasi yang telah kita bahas tadi tidak semua berlaku pada anda. Demi kemanan maka anda bisa menanyakan secara pasti kepada ahli medis secara berkelanjutan mengenai jenis olahraga apa yang akan anda lakukan.

 

Segera hentikan jika penyakit yang anda derita muncul kembali setelah melakukan olahraga yang bisa membuat tubuh menjadi lemah kembali.